ANGGOTA METEO LANUD SURYADARMA

Kapten Sus Bambang Supriyanto

Pelda Karman

Serma Dede Permana

Serma Suwardi

Serma Sri Suharto

Serka Tatang Suryana

Sertu Dina Kristiyaningsih

Serda Puput Saputra

Serda Hasanudin

Serda Adi Buana

Serda Gandhi Gosima

Serda Ari Pribadi

ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM PELAYANAN METEOROLOGI UNTUK PENERBANGAN


Istilah-istilah berikut yang sering digunakan dalam  Layanan Meteorologi Internasional  dan Navigasi Udara, adalah sebagai berikut:

Aerodrome. Sebuah area tertentu di daratan atau air (termasuk bangunan, instalasi dan peralatan) yang dimaksudkan untuk digunakan baik seluruhnya atau sebagian untuk kedatangan, keberangkatan dan pergerakan pesawat permukaan.

Aerodrome climatological summary. Ringkasan singkat dari suatu elemen meteorologi di sebuah lapangan terbang, berdasarkan

data statistik.

Aerodrome climatological table. Tabel menyediakan data statistik yang diamati terjadinya satu atau lebih meteorologi elemen di sebuah lapangan terbang. 
Aerodrome control tower. Unit didirikan untuk menyediakan layanan kontrol lalu lintas udara untuk Aerodrome lalu lintas.

Aerodrome elevation. Ketinggian titik tertinggi di daerah pendaratan.

Aerodrome meteorological office. Kantor, yang terletak di sebuah lapangan terbang, yang ditunjuk untuk menyediakan layanan meteorologi

navigasi udara internasional.

Aerodrome reference point. Lokasi geografis yang ditunjuk dari sebuah lapangan terbang.

Aeronautical fixed service (AFS). Sebuah layanan telekomunikasi yang ditetapkan antara titik tetap disediakan terutama untuk keselamatan navigasi udara dan untuk reguler, efisien dan ekonomis pengoperasian layanan udara.

Aeronautical fixed telecommunication network (AFTN). Sebuah sistem dunia penerbangan sirkuit tetap disediakan, sebagai bagian dari penerbangan layanan tetap, untuk pertukaran pesan dan / atau data digital antara stasiun penerbangan tetap sama atau memiliki karakteristik komunikasi yang kompatibel.

Aeronautical meteorological station. Sebuah stasiun yang ditunjuk untuk membuat pengamatan dan laporan meteorologi untuk digunakan dalam navigasi udara internasional.



Aeronautical mobile service (RR S1.32). Sebuah layanan mobile antara stasiun penerbangan dan stasiun pesawat, atau antara stasiun pesawat, di mana kelangsungan hidup stasiun kerajinan dapat berpartisipasi; darurat menunjukkan posisi-stasiun menara radio mungkin juga berpartisipasi dalam layanan ini ditunjuk kesusahan dan frekuensi darurat.

Aeronautical telecommunication station. Sebuah stasiun dalam penerbangan layanan telekomunikasi.

Aircraft. Setiap mesin yang dapat memperoleh dukungan di atmosfer dari reaksi udara selain reaksi udara terhadap permukaan bumi. 



Aircraft observation. Evaluasi dari satu atau lebih elemen meteorologi yang terbuat dari pesawat dalam penerbangan.



AIRMET information. Informasi yang dikeluarkan oleh kantor menonton meteorologi tentang terjadinya atau diharapkan terjadinya en-rute tertentu fenomena cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan pesawat rendah tingkat operasi dan yang belum termasuk dalam ramalan yang dikeluarkan untuk tingkat rendah penerbangan di daerah informasi penerbangan yang bersangkutan atau sub-wilayah daripadanya.



Air-report. Sebuah laporan dari pesawat di penerbangan disiapkan sesuai dengan persyaratan untuk posisi, dan operasional dan / atau meteorologi pelaporan.

Catatan .- Rincian formulir AIREP diberikan dalam PANS-ATM (Doc 4444). Unit pelayanan lalu lintas udara. Sebuah istilah umum yang berarti bermacam-macam, unit Air traffic services unit, pusat informasi penerbangan atau lalu lintas udara layanan pelaporan kantor.

Alternate aerodrome. Sebuah lapangan terbang dimana pesawat terbang dapat melanjutkan ketika menjadi baik tidak mungkin atau tidak bijaksana untuk lanjutkan untuk atau mendarat di lapangan terbang yang dimaksudkan mendarat. Aerodromes alternatif meliputi:

Take-off alternate. Alternatif lapangan terbang di mana pesawat terbang dapat tanah harus ini menjadi penting setelah lepas landas dan tidak mungkin untuk menggunakan lapangan terbang keberangkatan.

En-rute alternatif. Sebuah lapangan terbang di mana pesawat terbang dapat mendarat setelah mengalami abnormal atau kondisi darurat saat perjalanan.

ETOPS en-rute alternatif. Sebuah alternatif yang sesuai dan tepat di mana lapangan terbang pesawat akan dapat tanah setelah mengalami mesin menutup-down atau normal atau kondisi darurat saat perjalanan dalam ETOPS operasi.

Destination alternate. Alternatif lapangan terbang yang dalam pesawat terbang dapat melanjutkan seharusnya itu menjadi baik tidak mungkin atau bijaksana mendarat di lapangan terbang yang dimaksudkan mendarat. Catatan .- The Aerodrome dari mana berangkat penerbangan juga dapat menjadi en-rute atau tujuan alternatif lapangan terbang untuk

penerbangan.

Altitude. Jarak vertikal dari tingkat, suatu titik atau sebuah objek dianggap sebagai titik, yang diukur dari permukaan laut (MSL).

Approach control unit. Unit didirikan untuk menyediakan layanan kontrol lalu lintas udara untuk penerbangan dikontrol tiba pada, atau berangkat

dari, satu atau lebih aerodromes.

Appropriate ATS authority. Otoritas yang relevan yang ditunjuk oleh negara bertanggung jawab untuk menyediakan layanan lalu lintas udara di wilayah udara yang bersangkutan.

Area control centre. Unit didirikan untuk menyediakan layanan kontrol lalu lintas udara untuk dikontrol penerbangan di daerah kontrol di bawah yurisdiksi.

Automatic dependent surveillance (ADS). Sebuah pengawasan teknik di mana pesawat secara otomatis menyediakan, melalui data link, data yang dihasilkan dari on-board navigasi dan posisi-memperbaiki sistem, termasuk identifikasi pesawat, empat-dimensi posisi dan data tambahan yang sesuai.

Briefing. Komentar lisan yang ada dan / atau diharapkan kondisi meteorologi.

Cloud of operational significance. Sebuah awan dengan ketinggian dasar awan di bawah 1 500 m (5 000 kaki) atau di bawah tertinggi sektor minimum ketinggian, mana yang lebih besar, atau awan awan hujan atau awan cumulus yang menjulang pada ketinggian apapun. 



Consultation. Diskusi dengan seorang ahli meteorologi atau orang yang memenuhi syarat lain yang ada dan / atau diharapkan meteorologi kondisi yang berhubungan dengan operasi penerbangan; sebuah diskusi mencakup jawaban atas pertanyaan.

Control area. Memperluas wilayah udara yang terkontrol ke atas dari batas yang ditentukan di atas bumi.

Cruising level. Sebuah tingkat yang dipertahankan selama porsi yang signifikan dari suatu penerbangan.

Elevation. Jarak vertikal dari sebuah titik atau tingkat, pada atau ditempelkan di permukaan bumi, diukur dari permukaan laut.

Extended range operation. Setiap terbang dengan pesawat dengan dua kekuatan turbin-unit di mana waktu penerbangan di satu powerunit yg tdk berlaku kecepatan jelajah (di ISA dan masih kondisi udara), dari suatu titik pada rute alternatif yang layak lapangan terbang, adalah lebih besar daripada batas waktu yang disetujui oleh Negara dari operator.

Flight crew member. Seorang anggota awak berlisensi diisi dengan tugas-tugas penting untuk pengoperasian pesawat selama penerbangan tugas periode.

Flight documentation. Tertulis atau dokumen dicetak, termasuk grafik atau bentuk, yang berisi informasi meteorologi untuk penerbangan.

Flight information centre. Unit didirikan untuk menyediakan layanan informasi penerbangan dan layanan memperingatkan.

Flight information region. Sebuah wilayah udara dari dimensi didefinisikan di mana layanan informasi penerbangan dan layanan memperingatkan disediakan.



Flight level. Sebuah permukaan konstan tekanan atmosfer yang terkait dengan tekanan tertentu datum, 1 013,2 hectopascals

(hPa), dan dipisahkan dari permukaan oleh lain seperti tekanan spesifik interval.

Catatan 1 .- Sebuah jenis tekanan Altimeter dikalibrasi sesuai dengan Standar Atmosphere:

a) ketika diatur ke QNH pengaturan Altimeter, akan menunjukkan ketinggian;

b) ketika diatur ke Altimeter qfe pengaturan, akan menunjukkan ketinggian di atas datum referensi qfe;

c) ketika diatur untuk tekanan 1 013.2 hPa, dapat digunakan untuk menunjukkan tingkat penerbangan.

Catatan 2 .- Istilah "height" dan "ketinggian", digunakan dalam Catatan 1, menunjukkan altimetric daripada geometris tinggi dan ketinggian.

Forecast. Pernyataan kondisi meteorologi yang diharapkan untuk waktu tertentu atau periode, dan untuk daerah tertentu atau bagian dari wilayah udara.

GAMET area forecast. Daerah disingkat ramalan dalam bahasa sederhana untuk tingkat rendah penerbangan untuk informasi penerbangan daerah atau sub-area daripadanya, disiapkan oleh kantor meteorologi yang ditunjuk oleh otoritas meteorologi yang bersangkutan dan ditukar dengan kantor-kantor meteorologi di daerah informasi penerbangan yang berdekatan, seperti yang disepakati antara meteorologi berwenang yang bersangkutan.

Grid point data in digital form. Data meteorologi diproses komputer untuk satu set jarak teratur titik-titik pada diagram, untuk meteorologi transmisi dari komputer ke komputer lain dalam bentuk kode otomatis cocok untuk digunakan.

Catatan .- Dalam kebanyakan kasus, data tersebut ditransmisikan pada media-atau telekomunikasi berkecepatan tinggi saluran.

Ketinggian. Jarak vertikal dari tingkat, suatu titik atau sebuah objek dianggap sebagai titik, diukur dari datum tertentu. 



Human Factors principles. Prinsip-prinsip yang berlaku untuk penerbangan desain, sertifikasi, pelatihan, operasi dan pemeliharaan dan yang mencari aman antarmuka antara manusia dan komponen sistem lainnya dengan pertimbangan yang tepat untuk manusia kinerja.

International airways volcano watch (IAVW). Pengaturan internasional untuk memantau dan memberikan peringatan ke pesawat abu vulkanik di atmosfer.

Catatan .- Para IAVW didasarkan pada kerja sama penerbangan dan non-unit operasional penerbangan menggunakan informasi yang diperoleh

dari mengamati sumber dan jaringan yang disediakan oleh Serikat. Jam dikoordinasikan oleh ICAO dengan kerjasama

organisasi internasional terkait lainnya.

Tingkat. Istilah umum yang berkaitan dengan posisi vertikal pesawat dalam penerbangan dan makna berbagai ketinggian, ketinggian atau penerbangan

tingkat.

Meteorological authority. Wewenang memberikan atau mengatur penyediaan layanan meteorologi internasional navigasi udara atas nama Negara pihak pada Persetujuan.

Meteorological bulletin. Sebuah teks yang terdiri dari informasi meteorologi didahului dengan pos yang sesuai.

Meteorological information. Meteorologi laporan, analisis, perkiraan, dan pernyataan lain yang berkaitan dengan ada atau diharapkan kondisi meteorologi.

Meteorological office. Kantor yang ditunjuk untuk menyediakan layanan meteorologi navigasi udara internasional.

Meteorological report. Pernyataan hasil pengamatan kondisi meteorologi yang berkaitan dengan waktu tertentu dan lokasi.

Meteorologi satelit. Satelit bumi buatan membuat pengamatan meteorologi dan mengirimkan pengamatan ini

ke Bumi.

Minimum sector altitude. Ketinggian terendah yang dapat digunakan yang akan memberikan izin minimum 300 m

(1 000 kaki) di atas semua benda yang terletak di area yang terdapat dalam sektor lingkaran dari 46 km (25 NM) terpusat pada jari

bantuan untuk navigasi radio.

Observation (meteorological). Evaluasi dari satu atau lebih elemen meteorologi.

Pengendalian operasional. Pelaksanaan otoritas atas inisiasi, kelanjutan, pengalihan atau penghentian penerbangan di kepentingan keamanan pesawat dan keteraturan dan efisiensi penerbangan.

Operational control. Rencana operator untuk pelaksanaan yang aman berdasarkan pertimbangan penerbangan pesawat terbang kinerja, operasi lain batasan dan kondisi yang diharapkan relevan pada rute yang harus diikuti dan pada aerodromes bersangkutan.

Operational flight plan. Perencanaan operasi penerbangan oleh operator.

Operator. Seseorang, organisasi atau perusahaan terlibat dalam atau menawarkan untuk terlibat dalam operasi pesawat.

Pilot-in-command. Pilot ditunjuk oleh operator, atau dalam kasus penerbangan umum, pemilik, sebagai dalam perintah dan didakwa dengan perilaku aman penerbangan.

Prevailing visibility Nilai visibilitas terbesar, diamati sesuai dengan definisi "visibilitas", yang mencapai dalam sekurang-kurangnya setengah lingkaran cakrawala atau dalam sekurang-kurangnya setengah dari permukaan lapangan terbang. Daerah-daerah ini bisa terdiri dari

berbatasan atau non-contiguous sektor.

Catatan .- Nilai ini dapat dinilai oleh pengamatan manusia dan / atau sistem instrumented. Ketika instrumen diinstal,

mereka digunakan untuk mendapatkan estimasi terbaik visibilitas yang berlaku. 



Prognostic chart. Sebuah prakiraan meteorologi elemen tertentu (s) untuk waktu tertentu atau periode dan permukaan tertentu atau bagian dari wilayah udara, digambarkan secara grafis pada grafik.

Quality control. Bagian dari manajemen kualitas berfokus pada penyediaan keyakinan bahwa persyaratan mutu akan dipenuhi (ISO 9000 *). Kontrol kualitas. Bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu (ISO 9000 *).

Quality management. Kegiatan terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengontrol organisasi berkaitan dengan kualitas (ISO 9000 *).

Regional air navigation agreement. Perjanjian disetujui oleh Dewan ICAO biasanya atas saran udara regional navigasi pertemuan.

Reporting point. Sebuah lokasi geografis tertentu dalam kaitannya dengan mana posisi pesawat terbang dapat dilaporkan.

Rescue coordination centre. Unit bertanggung jawab untuk mempromosikan organisasi efisien pencarian dan tim penyelamat dan untuk koordinasi pelaksanaan operasi pencarian dan penyelamatan dalam suatu pencarian dan penyelamatan daerah.

Runway. Sebuah wilayah persegi panjang yang didefinisikan di atas tanah lapangan terbang disiapkan untuk pendaratan dan lepas landas pesawat.

Runway visual range (RVR). Kisaran di mana pilot pesawat terbang di garis tengah landasan pacu dapat melihat landasan pacu permukaan tanda-tanda atau melukiskan lampu landasan pacu atau mengidentifikasi garis tengahnya.

Search and rescue services unit. Istilah umum yang berarti, sebagai kasus mungkin, pusat koordinasi penyelamatan, menyelamatkan subcentre atau menyiagakan pos.

SIGMET information. Informasi yang dikeluarkan oleh kantor menonton meteorologi tentang terjadinya atau diharapkan terjadinya en-rute tertentu fenomena cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan operasi pesawat.

Standard isobaric surface. Sebuah permukaan isobarik digunakan di seluruh dunia yang mewakili dan dasar untuk menganalisis kondisi disuasana.

Threshold. Awal yang bagian landasan digunakan untuk mendarat.

Touchdown zone. Bagian dari sebuah landasan pacu, melampaui ambang batas, di mana dimaksudkan pendaratan pesawat kontak pertama yang landasan.

Tropical cyclone. Istilah umum untuk non-frontal skala sinoptik berasal dari siklon tropis atau sub-tropis perairan dengan terorganisir konveksi dan pasti cyclonic sirkulasi angin permukaan.

Tropical cyclone advisory centre (TCAC). Sebuah pusat meteorologi yang ditunjuk oleh perjanjian navigasi udara regional untuk memberikan informasi kepada meteorologi penasehat menonton kantor, kawasan dunia diperkirakan OPMET pusat dan internasional databanks tentang posisi, perkiraan arah dan kecepatan gerakan, tekanan dan maksimum pusat angin permukaan siklon tropis. 


Upper-air chart. Sebuah bagan yang berkaitan dengan meteorologi tertentu udara atas permukaan atau lapisan atmosfer.

Visibility. Visibility untuk tujuan penerbangan yang lebih besar dari:

a) jarak terbesar di mana benda hitam yang sesuai dimensi, terletak di dekat tanah, dapat dilihat dan

diakui pada saat diamati terhadap latar belakang terang;

* Standar ISO 9000 - Quality Management Systems - Fundamentals and Vocabulary.

b) jarak terbesar di mana lampu-lampu di sekitar 1 000 candelas dapat dilihat dan diidentifikasi melawan gelap

latar belakang.

Catatan .- Kedua jarak memiliki nilai yang berbeda di udara dari suatu koefisien kepunahan, dan yang kedua b) bervariasi dengan

belakang iluminasi. Mantan a) diwakili oleh optik meteorologi kisaran (MOR).

Volcanic ash advisory centre (VAAC). Sebuah pusat meteorologi yang ditunjuk oleh perjanjian navigasi udara regional untuk memberikan informasi penasehat kantor menonton meteorologi, daerah pusat kendali, pusat-pusat informasi penerbangan, wilayah dunia ramalan pusat dan internasional tentang OPMET databanks lateral dan vertikal dan memprediksi tingkat pergerakan vulkanik abu di atmosfer berikut letusan gunung berapi.

VOLMET. Meteorologi informasi untuk pesawat terbang.

Data link-VOLMET (D-VOLMET). Penyediaan lapangan terbang saat ini rutin laporan meteorologi (METAR) dan Aerodrome laporan meteorologi khusus (Speci), Aerodrome prakiraan (TAF), SIGMET, udara khusus-laporan tidak ditutupi oleh SIGMET dan, jika tersedia, AIRMET melalui data link. VOLMET siaran. Ketentuan, sebagaimana mestinya, saat ini METAR, Speci, TAF dan SIGMET dengan cara terus-menerus siaran suara dan berulang.

World area forecast centre (WAFC).. Sebuah pusat meteorologi yang ditunjuk untuk mempersiapkan dan menerbitkan ramalan cuaca yang signifikan udara dan atas prakiraan dalam bentuk digital pada basis global langsung ke Serikat oleh sarana yang tepat sebagai bagian dari penerbangan layanan tetap.

World area forecast system (WAFS). Sebuah sistem dunia yang wilayah dunia ramalan pusat menyediakan penerbangan en-rute meteorologi prakiraan dalam format standar yang seragam.